Pramuka Kota Bandung Dikenalkan Dengan Kamera Lubang Jarum

Mulai dari tanggal 27-29 Agustus 2010 lalu, sebanyak 116 orang anggota Pramuka golongan Penggalang dan Penegak/Pandega se-Kota Bandung mengikuti kegiatan “Pesantren Ramadhan 1431 H, Pramuka Kota Bandung Tahun 2010” yang di selenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung di Taman Pramuka, Jl. LL.RE. Martadinata No. 157 Bandung. Selama 3 hari 2 malam mereka mendapatkan pembekalan tentang ilmu pengetahuan Islam seperti; Baca tulis Al-Qur’an, Sejarah Nabi, Adzan, Akhlaq, Fiqih, Sholat, Sejarah Islam, Dakwah, Thoharah (wudhu dan tayamum), Kaligrafi, Cara berpakaian yang baik dan benar menurut ajaran Islam, Seni Islami, dan Hasta Karya serta quis,” Kegiatan ini, memang mengacu pada salah satu syarat SKU, Laksana bagi penegak dan wawasan ilmu pengetahuan keagamaan bagi golongan penggalang dan berbeda dengan tahun kemarin, kegiatan ini masih bersifat lomba dan tahun ini sifatnya pada penambahan pembekalan wawasan ilmu pengetahuan keislaman,” jelas Nendi Rohaendi selaku Ketua Pelaksana yang juga menjaat sebagai Ketua DKC Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bandung di sela-sela kegiatan.
Ditempat yang sama, pada hari ke dua pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1431 H yang bertema ”Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa” tersebut para peserta sejak pukul 08.00 pagi mengikuti pula kegiatan hasta karya yang kali ini, diisi dengan memotret menggunakan kamera lubang jarum yang dipandu langsung oleh Komunitas Kamera Lubang Jarum Pinhol Bandung,” Mereka rata-rata antusias karena baru pertama kali diperkenalkan dan mempraktekan cara memotret menggunakan kamera lubang jarum, sebelumnya, mereka diajarkan dulu cara membuat lubang kamera menggunakan jarum, memasukan kertas foto di kamar gelap, mencari objek gambar dan selanjutnya mencuci hasil gambar di kamar gelap secara bergiliran menggunakan bahan kimia khusus,” ujar Deni Sugandi selaku Ketua Pinhole Bandung di sela-sela kegiatan yang mengharapkan, agar praktek kemera lubang jarum ini dapat lebih dikembangkan lagi secara kreatif oleh anggota Pramuka.
Pada hari ketiga, dari seluruh rangkaian acara Pesantren Ramadhan 1431 H Tingkat Kota Bandung 2010 ini agenda diisi pula dengan kegiatan para anggota Pramuka golongan Siaga.