Gubernur Jabar dan 3000 Siswa SD Cuci Tangan Bersama

Sebanyak 3000 orang siswa Sekolah Dasar (SD) se-Kota Bandung bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melakukan demonstrasi cuci tangan pakai sabun dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Pakai Sabun Sedunia ke-3 Tahun 2010 di Lapangan Gasibu, Jl. Diponegoro Bandung, Jum’at (15/10). Kegiatan Ini dilaksanakan pula serentak di 85 negara lainnya dan 15 kota di Indonesia. “Dengan menggalakan gaya hidup sehat dapat meningkatkan drajat hidup yang lebih baik khususnya di Jawa Barat ,” ungkap Heryawan. Dalam sambutan pembukaannya.
Selain itu, menurut wakil Menteri Kesehatan RI, Chandra bahwa anggaran kesehatan khususnya di propinsi Jawa Barat saat ini baru mencapai 7,5% semoga di tahun berikutnya dapat mencapai 10%,” program kesehatan ini bukan hanya tanggungjawab kementrian kesehatan RI saja, tapi tanggungjawab seluruh pihak terkait termasuk masyarakat. Oleh karena itu, saat ini kita libatkan anak-anak usia sekolah karena menyangkut antisipasi terhadap penyakit menular seperti diare dan ispa serta penyakit menular lainnya,” jelas Chandra yang menyatakan agar terus memberikan semangat kepada seluruh pihak di tingkat propinsi, Kabupaten/Kota untuk membiasakan diri menjalankan pola hidup bersih diwilayah masing-masing.
Dalam acara HCTPS yang bertema “Cuci Tangan Pakai Sabun, Perilaku Sederhana Berdampak Luar Biasa” tersebut dihadiri pula segenap unsur Muspida Jabar, Ny. Netty Heryawan (Istri Gubernur Jabar), Ny. Sandy Dede Yusuf (Istri Wagub Jabar), Dan sejumlah undangan lainnya. Selanjutnya, acara diisi pula dengan pemberian hadiah lomba Menulis Anak dan telekomprens antara Gubernur Jabar dan Gubernur Jokjakarta serta penampilan kesenian angklung dari para siswa SD.
Sementara di sela-sela acara, salah satu peserta HCTPS, Ahmad Hilal siswa kelas V, SD II Ciujung Kota Bandung menyatakan kegembiraan hatinya telah ikut serta dalam kegiatan ini dan menginginkan agar kegiatan serupa dapat diadakan di sekolahnya.