Pramuka Peduli Kwarcab Kota Bandung Jalankan Program Tri Bina

Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwartir Cabang Kota Bandung yang dibentuk berdasarkan pada keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 23 Tahun 2007 tentang petunjuk penyelenggaraan Pramuka Peduli, merupakan badan kelengkapan dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bandung dalam upayanya melakukan kegiatan bahkti kepada masyarakat dan pembangunan masyarakat saat ini, tengah menjalankan program Tri Bina yaitu Bina Diri, Bina Satuan, dan Bina Masyarakat.
Dalam pengembangannya, program ini dimaksudkan untuk lebih memberikan arah dan panduan Satgas Pramuka Peduli dalam melaksanakan amanat gerakan pramuka diantaranya kepedulian terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia, Pelestarian lingkungan hidup, Pencegahan, Penanggulangan dan Recovery bencana, serta tantangan yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia di masa yang akan datang.
Sasaran yang ingin dicapai Pramuka Peduli Kwarcab Kota Bandung ialah para anggota Pramuka mulai dari peserta didik sampai dengan pembina, yang terhimpun dalam gugusdepan, satuan karya, kwartir dan kelompok-kelompok yang dikembangkan oleh gerakan pramuka ditambah warga masyarakat, LSM, dan Organisasi masyarakat lainnya dengan strategi pelaksanaan yang dijalankan secara efektif dan efisien dengan mengembangkan prinsip 7 M yaitu: mendidik, Mudah, Manfaat, Murah, Massal, Mitra Kerja, dan Media Massa.
Saat ini program kerja yang telah dilaksanakan diantaranya; a). Pembentukan jaringan komunikasi dan koordinasi dengan unsur terkait; b). Pembentukan Posko Gabungan Communitas Penggiat kegiatan Alam Terbuka dan Pencegahan,penanggulangan serta Recavery Bencana (Bandung Crisis Centre); c). Pembentukan unit kegiatan silat yang rutin dilaksanakan; d). Pembentukan unit kegiatan olahraga panjat tebing; dan Penanggulangan bencana antara lain pada banjir di Cingised, Cisaranteun Kulon, Arcamanik, Kota Bandung, Baleendah, Bandung Selatan, dan Karawang serta longsor di Ds. Tenjolaya, Kec.Pasirjambu,Ciwidey, Kab. Bandung, Sukanagara, Cianjur dan tanah amblas di Kp. Legok Hayam, Ds.Giri Mekar, Kec. Cilengkrang, Kab. Bandung. Sementara kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain : 1). Pelatihan keterampilan dan Wira Usaha Grafis; 2). Pengembangan Potensi Kepariwistaan; 3). Penanggulangan dan pencegahan NAPZA,HIV/Aid; 4). Pelatihan Teknologi Tepat Guna; 5). Pelatihan Jurnalistik untuk Remaja dan Pelajar; 6). Pelatihan pengelolaan perpustakaan; 7). Sekolah Panjat tebing untuk prestasi/atlet; 8). Pelatihan silat prestasi; 9). Tadabur alam dengan anak yatim dan dhuafa;10). Wirakarya saka-saka Pramuka;11). Donor darah;dan 12). Pemeriksaan dan Donor darah gratis.
Selain itu, dibidang penanggulangan bencana, Pramuka Peduli Kwarcab Kota Bandung akan mengadakan pula 1). Pelatihan mitigasi bencana berbasis masyarakat RT/RW; 2). Sosialisasi penanggulangan bencana; 3). Diklat STANDAR (Satuan Tanggap Darurat); 4). Pelatihan peran pemadam kebakaran; 5). Observasi dan pendataan kerawanan bencana; 6). Pengiriman relawan tanggap bencana; 7). Penggalangan bantuan kemanusiaan dan untuk bidang pelestarian lingkungan hidup, akan pula menyelenggarakan: 1). Pelatihan budi daya tanaman; 2). Pelatihan sarana dan prasarana air bersih; 3). Pelatihan pengelolaan sampah terpadu (reduce, reuce, reycle, replant); 4). Pelatihan pencegahan pemanasan global dan perubahan iklim; 5). Seminar air; 6). Indahnya tamanku Taman Pramuka; 7). Susur Sungai;dan 8). Penghijauan.
Guna memberikan edukasi dan aksi kepedulian Pramuka terhadap situasi kota dan wilayah Jawa Barat dan umumnya Indonesia dilakukan juga kerjasama dengan berbagai pihak seperti untuk mendirikan Posko dan Aksi bersama relawan yang dibarengi dengan pengembangan Pramuka peduli terhadap remaja dan pelajar kota Bandung serta pemberdayaan potensi Satgas Pramuka Peduli dalam rangka pencitraan gerakan pramuka dalam membinna dan membentuk karakter bangsa.
Dalam bidang pendidikan Bela Negara bagi pelajar SLTA Se Kota Bandung, Pramuka Peduli Kwarcab Kota Bandung memberikan serangkaian pembelajaran yang bertujuan untuk memperkaya serta membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan secara aktif, kreatif, inovatif, dan sedapat mungkin menyenangkan.
B/r